Jenis-jenis Kunci Pada Musik

    Mungkin dulu sewaktu kita pertama kali belajar tentang musik kita susah dan sangat bingung membedakan antara kunci dan akord. iya bukan? Kenapa tidak, soalnya pada saat dulu kita juga tidak mendapat pengertian dari kedua istilah tersebut sibangku sekolah dasar dan menengah.
Namun Pada kali ini penulis akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan kunci musik, jenis dan kegunaannya. Silahkan ikuti dan baca terus ya...


  1. Pengertian Kunci dan Akord (Chord)
       Menurut penulis, kunci adalah suatu tanda atau simbol musik untuk mengidentifikasi atau mengetahui nada yang dipakai pada garis atau spasi di staff/garis paranada. 

        Menurut wikipedia, kunci atau Clef yaitu kunci berasal (dari "kunci" berasal dari bahasa Prancis kuno) adalah simbol musik yang digunakan untuk menunjukkan nada nada tertulis. [a] Ditempatkan pada paranada , ini menunjukkan nama dan nada not pada salah satu baris. Baris ini berfungsi sebagai titik referensi dimana nama not pada baris lain atau spasi paranada dapat ditentukan. 
      Contohnya : Apabila mengawali penulisan not dengan memakai kunci G atau Treble Clef, maka garis pertama pada staff atau garis paranada adalah nada "E". berikut contohnya :
Not yang berada pada garis di kunci G atau Treble Clef
Sedangkan apabila kita memakai kunci F atau Bass Clef pada awal penulisan not, maka garis pertama pada paranada/staff adalah "G". kita lihat contoh berikut :
Not yang berapa pada garis dan spasi di Kunci F / Bass Clef

    Kita lanjut pada pengertian Akord (Chord). Menurut penulis, Akord (Chord) adalah susunan 3 nada atau lebih yang memiliki interval tertentu dan dimainkan secara bersamaan. Kalau kunci tadi berkaitan dengan penulisan nada dan identifikasi nada, sedangkan Akord (Chord) ini merupakan hubungan antar nada yang nanti dibahas lengkap dalam judul Harmoni. 
        Jadi sudah sangat berbeda antara pengertian akord (Chord) dan Kunci yang selama ini kita kurang paham.

     2. Jenis-jenis Kunci Musik (Clef)
         Sebelum kita masuk ke kunci atau clef, penulis mau memberi tahu kalau ternyata huruf yang terdapat pada musik yaitu hanya ada 7 huruf diantaranya A, B, C, D, E, F dan G. Selain huruf tadi tidak ada penambahan atau pengurangan pada huruf-huruf musik.
Dan kita masuk pada jenis kunci musik atau clef, yaitu yang pertama adalah :
  • Kunci G atau G Clef menunjukkan not untuk nada tinggi. Instrumen musik yang memiliki register atau wilayah nada yang tinggi akan menggunakan kunci G atau G Clef. Berikut adalah alat-alat atau instrument musik yang menggunakan kunci G atau Treble Clef pada penulisan not yaitu : Biola, Gitar, Alto Saxophone, Keyboard/Piano, Pianika, Flute, dan lainnya.

Kunci G atau Treble Clef
     
Not pada garis di kunci G atau Treble Clef
 
Not pada spasi di kunci G atau Treble Clef

  • Kunci F atau Bass Clef
         Kunci F atau Bass Clef ini biasanya digunakan pada instrument musik yang memiliki register atau wilayah nada yang rendah/low frequency. Contoh instrument nya yaitu : Gitar Bass, Contrabass, Bass Saxophone, Tuba dan sebagainya.
Nada-nada yang berada pada garis dan spasi di Kunci F atau Bass Clef.
  • Kunci C atau Middle Clef
         Kunci C atau Middle Clef ini adalah kunci yang dipakai untuk instrument musik yang memiliki register atau wilayah nada yang ditengah-tengah atau sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.
Not yang berada pada garis dan spasi di Kunci C atau Middle clef

Komentar

Postingan Populer